6 Usaha Rumahan Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Ingin memulai usaha rumahan online modal kecil tapi bingung harus memulai bisnis online apa yang mempunyai prospek bagus kedepannya? Tenang, dalam artikel berikut ini akan dibahas tentang ide bisnis online rumahan yang menguntungkan. 

Usaha rumahan merupakan jenis bisnis apa saja yang dilakukan di rumah pemilik bisnis, jadi pemilik bisnis rumahan tidak memerlukan sewa tempat untuk dijadikan lokasi usaha dan tidak harus mempunyai properti tertentu. Meski begitu, pelaku bisnis rumahan tetap dapat menjalankan bisnis dari tempat tinggal pemilik usaha tersebut sehingga dikatakan usaha rumahan. 

Usaha rumahan online yang menjanjikan ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dan memiliki jam kerja yang fleksibel. Akan tetapi, jika ingin memulai usaha rumahan online tentu harus dibarengi dengan kebutuhan, jenis pekerjaan apa yang ingin dijalankan, dan paling penting bisnis online rumahan ini sesuai dengan skill yang Anda miliki. 


Usaha Rumahan Online Modal Kecil yang Menguntungkan

Berikut adalah beberapa rekomendasi ide usaha rumahan modal kecil yang bisa dipilih, antara lain:

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship merupakan salah satu usaha rumahan online yang menguntungkan yang bisa Anda jalani dan tekuni tanpa harus menyetok barang. Sehingga dengan mengetahui cara menjadi dropshipper ini bisa menjadi peluang bisnis online tanpa modal yang patut dicoba. Metode bisnis yang dilakukan oleh pelaku bisnis dropshipper adalah bekerja sama dengan pemasok grosir, kemudian mintalah kepada para pemasok tersebut untuk memasarkan produk atas nama Anda atau biasa dikenal dengan sebutan white labeling.

Jadi ketika ada konsumen yang membuat pesanan, Anda harus menghubungi pemasok untuk menjualkan produk yang sudah dipesan tersebut kepada konsumen yang membuat pesanannya. Kesimpulannya adalah model bisnis dijalankan dengan cara menjual produk milik pemasok dengan harga yang lebih tinggi, tetapi pengiriman produknya nanti akan memakai nama brand sendiri bukan pemasok. Jadi seorang dropshipper hanya perlu mencari pelanggan tanpa harus melakukan produksi, penyimpanan produk, dan pengiriman karena semuanya sudah dilakukan oleh pemasok. Hal itulah yang membuat bisnis dropship ini hanya membutuhkan modal kecil. 

Jika tertarik untuk menjalankan bisnis dropship, ada baiknya untuk mengikuti niche tertentu supaya bisa membangun brand dan juga membedakan bisnis yang sedang dijalankan dari para dropshipper lain. Ada beberapa situs yang bisa menyediakan produk untuk dapat ditampilkan pada website Anda, yaitu Spocket atau AliDropship dan juga Printify yang merupakan layanan dropship sesuai permintaan dan menyediakan produk mulai dari kaus, jaket, cangkir, dan masih banyak lagi. Selain itu, melalui Printify ini juga menerima desain kustom yang nantinya akan dicetak dan dikirim ke alamat Anda.

2. Jasa Desain Grafis

Membuka jasa desain grafis tidak harus mempunyai skill muluk-muluk karena sekarang ini sudah banyak tools yang bisa digunakan untuk menuangkan kreativitas Anda agar bisa diuangkan. Dengan menggunakan alat bantu desain yang tepat, maka proses desain akan lebih cepat dan praktis. Misalnya saja dengan menggunakan Smartphone, dengan begitu sudah bisa mendesain dengan tools seperti Canva atau Visme.

Dengan menggunakan tools desain grafis tersebut Anda dapat membuat desain keren, seperti logo, poster digital, banner profil, dan lain sebagainya. Namun, apabila sudah memiliki skill yang cukup mumpuni untuk menggambar digital maka bisa menggunakan Ibis Paint untuk menuangkan kreativitas. Beberapa contoh desain yang bisa dibuat melalui Ibis Paint, antara lain karikatur, original character jejepangan atau anime, bahkan bisa juga mendesain karya dengan gaya Anda sendiri.

Jika ingin memulai bisnis online jasa desain grafis, cobalah untuk mempromosikan atau mengiklankan jasa desain grafis di beberapa marketplace atau media sosial terlebih dahulu. Setelah berhasil memiliki pasar sendiri untuk desain grafis, selanjutnya gunakan platform freelance yang lebih luas lagi seperti Fiverr.

3. Menyediakan Jasa Layanan SEO

Usaha rumahan online modal kecil berikutnya adalah menjadi penyedia layanan SEO (Search Engine Optimization) karena sudah pasti semua pemilik website tahu bahwasanya untuk mendapatkan halaman pertama di hasil pencarian Google sangatlah berharga. Namun sayangnya, tidak banyak pelaku bisnis online yang paham dengan cara mengaplikasikan SEO pada website mereka sehingga potensi muncul pada halaman pertama di mesin pencari Google menjadi sangat kurang. Pasalnya, dengan mengaplikasikan SEO maka potensi situs untuk muncul di halaman pertama pada mesin pencari Google sangat mudah dimanfaatkan untuk menjangkau engagement agar brand lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. 

Jika tertarik untuk memulai jasa layanan SEO, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu menganalisis website, mengidentifikasi masalah peringkat, dan menyusun strategi untuk dapat meningkatkan trafik organik pada situs dan penempatan SERP (Search Engine Result Page). Meski pada umumnya, para spesialis SEO ini diharuskan untuk memiliki pemahaman tentang SEO on-page, off-page, dan teknis. Kemudian, skill atau keterampilan yang harus dimiliki oleh SEO Specialist mencakup HTML, keyword mapping hingga backlink building.

Setelah mengetahui dan memahami syarat-syarat yang telah ditentukan untuk menjadi SEO Specialist, selanjutnya cobalah untuk mengikuti kursus online untuk mengasah kembali skill yang dimiliki sebelum memulai bisnis online. Selain mengikuti kursus online untuk dapat mengasah skill, ada baiknya juga untuk tetap update terkait strategi SEO yang tepat supaya dapat meraih kesuksesan jangka panjang untuk bisnis.

4. Jualan Online Menggunakan Toko e-Commerce

Sudah memiliki usaha namun belum ada prospek yang baik kedepannya? Ide usaha rumahan online modal kecil satu ini bisa membuat bisnis lebih baik kedepannya, yaitu membuka toko e-Commerce yang mana toko online merupakan salah satu bisnis rumahan yang sedang trend. Sebab, hampir semua kalangan masyarakat saat ini sudah pasti pernah atau bahkan sering berbelanja online. Hal itu sudah terbukti dengan meningkatnya penjualan toko online atau e-Commerce di seluruh dunia.

Adanya toko online atau e-Commerce akan mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhannya, sebab konsumen sekarang ini lebih memilih untuk berbelanja online ketimbang belanja langsung ke toko. Jika Anda tertarik untuk membuat toko online, maka hanya perlu menyiapkan daftar barang dan platform e-Commerce. 

Apabila memerlukan cara membuat toko online atau e-Commerce yang cepat, cobalah untuk menggunakan WooCommerce karena dapat digunakan dengan CMS favorit semua pengguna, yaitu WP (WordPress). Jika terlalu rumit atau tidak begitu ingin menggunakannya, maka gunakan opsi lain seperti ecommerce hosting. Dengan layanan yang diberikan saat menggunakannya, maka Anda dapat membangun toko online menggunakan kombinasi WooCommerce dan WordPress atau CMS PrestaShop. Hal itu sangat cocok bagi siapa saja yang sudah paham mengenai pembuatan website tanpa menggunakan builder dan dasar hosting.

Kunci keberhasilan bisnis e-Commerce adalah efisiensi berbagai area yang mengharuskan pelaku bisnis terlibat dalam desain produk, layanan pelanggan, pemasaran online, dan lainnya. Meski terdengar sulit, maka hasil yang didapat nanti pasti akan sebanding dengan usaha yang dikerahkan.

5. Menjadi Blogger

Menjadi blogger merupakan salah satu usaha rumahan online yang menjanjikan karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Terlebih lagi dengan membuat blog Anda bisa menghasilkan uang dari internet. Sebab sekarang ini sudah banyak cara menghasilkan dari internet, dengan menjadi blogger yang memiliki seratus ribu halaman tayang maka bisa menghasilkan pendapatan kurang lebih jutaan, puluhan hingga ratusan juta per bulan. 

Supaya memiliki blog yang menghasilkan, website tersebut harus memiliki trafik yang cukup tinggi. Sebab berbagai bisnis akan melihat trafik sebagai sebuah peluang konversi berpotensi yang akan membuat orang lain bersedia melakukan merge bisnis atau bekerja sama dengan Anda. 

Hal yang perlu diperhatikan saat menjadi blogger adalah mencari ide blog yang telah dipahami sebelumnya dan juga memiliki audiens yang cukup banyak. Dengan memahami hal tersebut, maka Anda bisa membuat konten yang paling banyak diminati orang sedari awal.

Setelahnya, maka langkah selanjutnya dalam memulai blog untuk pemula adalah membuat postingan secara rutin dan konsisten agar dapat memicu trafik yang tinggi secara stabil. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO) dan content marketing untuk memperluas exposure di mesin pencari Google. 

Ketika sudah mendapatkan audiens, langkah selanjutnya adalah menggunakan iklan, konten bersponsor, dan juga link afiliasi untuk menghasilkan uang. Ada juga blogger yang memanfaatkan guest post untuk blog bisnis mereka, membuat merchandise hingga membuat kursus online.

6. Usaha Sablon Kaos 

Usaha rumahan online modal kecil yang bisa dijadikan pilihan adalah menyediakan jasa sablon kaos DTF (Direct Transfer Film). Sebelum memulai bisnis sablon kaos DTF, ada baiknya untuk menentukan niche market yang merupakan langkah penting dalam mempersiapkan usaha sablon DTF. Hal ini dilakukan supaya lebih berguna dalam memfokuskan upaya penjualan dan pemasaran pada segmen konsumen dengan kemungkinan ketertarikan pada produk yang dijual.

Oleh karena itu, dengan memahami apa itu niche market maka dapat meningkatkan efektifitas kampanye pemasaran. Selain itu juga disarankan untuk membuat profil konsumen ideal yang sesuai dengan niche market yang ingin ditargetkan, misalnya saja dengan menentukan karakteristik psikografis, perilaku, demografis hingga kebutuhan mereka.

Selain hal yang tadi dijelaskan, tahap selanjutnya untuk memulai bisnis sablon adalah menentukan jenis produk sablon DTF yang ingin ditawarkan pada customer. Jenis produk yang bisa ditawarkan antara lain t-shirt, jaket, sweater, goodie bag hingga tote bag. Adapun bahan yang sering digunakan pelaku bisnis sablon DTF, antara lain cotton combed, cotton bamboo, dan jenis cotton lainnya untuk membuat kaos atau t-shirt. 

Setelah memahami niche market dan memilih jenis produk yang ingin ditawarkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal awal untuk membeli bahan baku dan peralatan. Misalnya printer DTF, mesin heat press, dan bubuk lem DTF. 

Diskusi