Perbedaan Stiker Vinyl dan Chromo

Dalam dunia digital printing tersedia berbagai jenis bahan stiker dengan karakteristik yang dimiliki oleh stiker tersebut berbeda-beda sesuai dengan pengaplikasiannya. Oleh karena itu untuk mengetahui perbedaan stiker vinyl dan chromo, dasarnya adalah mengetahui lebih dulu apa itu stiker? Kemudian apa itu stiker vinyl? Lalu, apa itu stiker chromo? Barulah dapat mengetahui apa perbedaan stiker vinyl dan chromo. 

Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu stiker vinyl, apa itu stiker chromo, dan apa perbedaan dari keduanya. Karena kedua jenis stiker ini memiliki jumlah pemesan dengan jumlah permintaan yang terbilang cukup tinggi di berbagai tempat percetakan. Hal itu dikarenakan kedua jenis stiker tersebut memiliki ketahanan yang kuat dengan harga terjangkau sehingga stiker vinyl dan stiker chromo seringkali digunakan untuk mencetak label makanan, brand/merek, serta berbagai produk tertentu. 

Penggunaan stiker adalah menginformasikan sebuah produk yang dilabeli untuk sebuah promosi. Sebagai contoh, misalnya adalah stiker yang dicetak menjadi sebuah label kemasan maka akan memuat banyak informasi seperti merek, berat bersih, logo, dan lain sebagainya. Selain itu, sebuah stiker juga dapat mempercantik berbagai media sekaligus mempromosikan brand dari suatu produk yang dijual.

Maka dari itu, sampai saat ini stiker masih menjadi salah satu produk cetak yang memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi. Karena itu stiker vinyl dan stiker chromo seringkali digunakan oleh banyaknya pebisnis digital printing dalam menjalankan usaha cutting stiker. 


Apa itu Stiker?

Pada dasarnya untuk mengetahui perbedaan stiker vinyl dan chromo adalah memahami tentang apa itu stiker agar dapat mengetahui perbedaannya. Stiker adalah sepotong kertas, plastik maupun bahan lainnya yang direkatkan pada berbagai media tertentu sebagai media informasi visual ataupun media promosi. 

Stiker paling banyak dijumpai pada produk-produk seperti kosmetik, makanan, minuman, mainan, bahkan ada juga yang menggunakannya untuk dekorasi pada barang elektronik seperti laptop, notebook, smartphone, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah stiker dapat dikatakan sebagai media informasi, promosi maupun ornamen dekorasi pada suatu produk atau kemasan. 

Tujuan utama para pelaku usaha menggunakan stiker pada produknya adalah sebagai media untuk menginformasikan serta menjelaskan suatu produk dengan upaya agar produk terlihat menarik bagi konsumen sehingga membuatnya tertarik untuk membeli produk tersebut. Dalam pembuatan stiker juga cukup beragam, mulai dari bentuk lingkaran, persegi, oval, hingga heksagonal dengan berbagai macam ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan produk yang ingin direkatkan menggunakan stiker. 



Apa itu Stiker Vinyl?

Stiker vinyl adalah jenis stiker yang menggunakan bahan plastik dengan latar belakang putih atau transparan yang memiliki hasil cetak halus dan memiliki permukaan yang glossy. Penggunaan stiker vinyl biasanya untuk souvenir, bazar, dan lainnya karena menggunakan bahan dasar plastik sehingga membuatnya tidak mudah robek dan tergores serta memiliki ketahanan yang kuat. 

Dengan kualitas yang diberikan, harga stiker vinyl ini terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis stiker lainnya. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan stiker vinyl ini sebagai souvenir pada kegiatan seminar, workshop, dan lainnya karena daya tahan stiker vinyl ini cukup kuat. Terlebih lagi stiker ini juga tahan air dan minyak sehingga dapat direkatkan pada media yang ada di luar ruangan atau outdoor.

Apa itu Stiker Chromo?

Setelah mengetahui apa itu stiker vinyl, selanjutnya adalah mengetahui apa itu stiker chromo untuk membedakan kedua jenis stiker sesuai dengan penggunaannya. Stiker chromo adalah jenis stiker berbahan dasar kertas dengan tampilan yang dihasilkan saat di cetak adalah glossy. Harga stiker chromo juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan harga stiker vinyl, sehingga sudah banyak pengusaha yang menggunakan stiker chromo sebagai media informasi atau promosi pada produk mereka. 

Karena stiker chromo ini menggunakan bahan dasar kertas, membuat stiker chromo ini memiliki kekurangan dalam hal ketahanan karena mudah robek dan tergores, serta kurang tahan air dan minyak sehingga tidak dapat direkatkan pada media yang ada di luar ruangan. Oleh karena itu, penggunaan stiker chromo ini sangat cocok untuk melabeli kemasan pada produk untuk menginformasikan atau mempromosikan produk sebagaimana mestinya.

Perbedaan Stiker Vinyl dan Chromo

Setelah mengetahui tentang apa itu stiker vinyl dan stiker chromo, selanjutnya adalah mengetahui perbedaan stiker vinyl dan chromo. Berikut adalah beberapa perbedaan yang ada pada kedua jenis stiker, antara lain:

1. Ketahanan Stiker Vinyl dan Stiker Chromo

Dalam pembuatan stiker untuk mempromosikan produk maupun menginformasikannya tentu harus memiliki ketahanan yang bagus agar stiker dapat digunakan dalam jangka panjang. Adapun perbedaan pertama dari kedua jenis stiker ini, yaitu stiker vinyl memiliki daya tahan yang baik sehingga stiker vinyl ini lebih disukai oleh para pelanggan. 

Kualitas yang dimiliki oleh stiker vinyl terbilang sangat bagus karena memiliki ketahanan terhadap air dan minyak, serta tidak mudah robek dan tergores. Sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang, karena itu stiker vinyl ini juga dapat merekat pada media yang berada di luar ruangan dalam waktu lama. 

Sementara stiker chromo tidak disarankan untuk penggunaan di luar ruangan karena bahan dasar yang digunakannya adalah kertas. Selain itu, stiker chromo ini rentan terhadap air dan minyak sehingga tidak disarankan untuk direkatkan pada media yang berada di outdoor.  Oleh karena itu banyak konsumen yang memilih untuk menggunakan stiker vinyl dibandingkan stiker chromo.

2. Perbedaan Penggunaan Stiker Vinyl dan Stiker Chromo

Perbedaan yang ada pada kedua jenis stiker ini tentu berbeda, karena keduanya pun memiliki perbedaan bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan stikernya. Stiker vinyl seringkali digunakan untuk souvenir dalam berbagai macam seminar maupun kegiatan lain seperti bazar. Sementara stiker chromo lebih banyak digunakan untuk melabeli kemasan makanan, seperti toples.

3. Perbedaan Kualitas Stiker Vinyl dan Stiker Chromo

Terdapat perbedaan kualitas dari kedua jenis stiker ini tergantung pada pengaplikasian stikernya. Bicara tentang kualitas, stiker chromo terbilang cukup bagus karena penggunaan stiker ini sangat umum digunakan untuk melabeli produk sehingga dapat menjadikan stiker satu ini sebagai opsi strategi marketing untuk menarik audiens pasar. 

Hal itu dikarenakan stiker chormo lebih unggul dalam penggunaan bahan dasar dibanding stiker vinyl, sehingga membuatnya lebih cocok untuk melabeli suatu produk. Sementara stiker vinyl memiliki kualitas yang baik ketika digunakan untuk souvenir dalam berbagai acara atau kegiatan, karena daya tahan yang dimiliki stiker ini sangat baik dibandingkan stiker chromo. 

Karena itu stiker vinyl ini sangat cocok digunakan pada media manapun dan dimanapun itu, akan tetapi rentan terhadap media dengan daya serap panas berlebih sehingga tidak disarankan untuk merekatkannya untuk melabeli produk makanan.

Harga Stiker Vinyl dan Stiker Chromo

Soal harga stiker vinyl dan stiker chromo ini sangat bervariasi, mulai dari belasan hingga ratusan ribu untuk harga cetak stiker. Harga stiker vinyl dan stiker chromo tersebut tergantung pada banyaknya stiker yang ingin dicetak. 

Setelah tadi dijelaskan mengenai tentang apa itu stiker vinyl dan stiker chromo serta perbedaannya, semoga dapat membantu dalam memilih jenis stiker yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Penggunaan stiker dengan tepat dapat membantu dalam mempromosikan suatu produk atau jasa dan dapat meminimalisir pengeluaran untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.


Diskusi