Cetak Kaos Print Digital: Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTF

Cetak kaos print digital merupakan salah satu metode cetak dengan teknologi Direct Transfer Film atau yang lebih dikenal dengan sablon DTF.

Cetak kaos dengan metode digital printing ini telah begitu populer dalam beberapa tahun terakhir. Selain proses cetak yang cepat, kualitas cetakan pun bisa dibilang memiliki kualitas yang sangat baik.

Melalui artikel ini, mediacetak.com akan mengupas lebih jauh tentang cetak kaos dengan metode print digital.


Proses Cetak Sablon DTF (Ilustrasi Gambar: canva.com/CanvaPro)


Apa Itu Cetak Kaos Print Digital?

Sebagaimana diketahui, cetak atau printing kaos digital merupakan alternatif dari sablon kaos manual atau konvensional. Pasalnya, proses pembuatan cetak kaos digital ini memerlukan printer khusus untuk menghasilkan gambar cetak yang sempurna. Printer khusus ini lah yang familiar dikenal dengan sebutan Printing DTF (Direct Transfer Film).

Apa itu Sablon DTF?

Sablon DTF merupakan penyebutan lain dari cetak kaos print digital yang menggunakan printer khusus untuk menghasilkan cetakan gambar sesuai kebutuhan pengguna. Jangan heran kalau sablon DTF saat ini banyak digandrungi oleh berbagai kalangan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sablon lainnya.

Keunggulan Cetak Kaos Print Digital

Bagi yang ingin baru memulai usaha cetak kaos printing digital atau sablon DTF, berikut beberapa keunggulan sablon STF yang perlu diketahui:

  • Warna yang dihasilkan solid
  • Kekuatan hasil sablon punya kualitas bagus
  • Hasil printing DTF dapat disimpan dan digunakan saat diperlukan
  • Pemindahan gambar pada area kaos yang sukar dijangkau, DTF memungkin untuk itu.
  • Paling cocok untuk mencetak logo kecil yang ditaruh di dada kiri atau area kaos lainnya
  • Untuk pemula, Sablon DTF bisa diandalkan lewat jasa cetak saja.
  • Sablon DTF bisa ditunggu, dan bisa pesan satuan

Cetak kaos print digital memang paling dianjurkan untuk pemula yang ingin mencoba peluang usaha di bidang ini. Namun jangan lupa, meski memiliki keunggulan, cetak kaos sablon DTF juga punya kekurangan.

Kekurangan Cetak Kaos dengan Sablon DTF

Adapun kekurangan cetak kaos print digital atau dengan sablon DTF, di antaranya:

  • Sablon DTF hanya dapat digunakan untuk desain dengan warna solid. Dengan kata lain, sablon DTF tidak dapat mencetak gambar dengan warna gradasi.
  • Biaya produksi cetak kaos print digital atau DTF memakan biaya yang tidak sedikit.
  • Modal untuk membeli mesin sablon DTF tergolong mahal untuk pelaku usaha yang ingin baru memulai bisnis ini.

Kesimpulan

Apapun jenis sablon yang akan digunakan untuk untuk printing kaos digital, tentunya punya kelebihan dan kekurangan. Namun, dalam meniti usaha di bidang digital printing, cetak kaos print digital dapat membantu perekonomian jika dijalani dengan tekun.

Diskusi